Rasch Model: Riset Kuantitatif

Home » Tentang Blog

Tentang Blog

Blog ini dibuat sebagai sarana berbagi dalam hal penelitian kuantitatif yang menggunakan pemodelan pengukuran Rasch (Rasch Measurement Model). Sejauh ini, Rasch Model merupakan alat analisis yang sangat berguna untuk menguji validitas (kesahan) dan realibilitas instrumen, person dan item secara sekaligus, hal yang belum tersaingi oleh alat analisis lain.

Rasch Model bukan hanya itu, namun juga memenuhi lima prinsip model pengukuran yaitu: yang pertama mampu memberikan skala liner dengan interval yang sama; kedua, dapat melakukan prediksi terhadap data yang hilang; ketiga, bisa memberikan estimasi yang lebih tepat; keempat, mampu mendeteksi ketidaktepatan model: dan kelima,  pengukuran yang replicable.

Berbagai kelebihan inilah yang seharusnya dimanfaatkan oleh peneliti dan akademisi ilmu-ilmu sosial (psikologi, pendidikan, sosiologi, komunikasi dll) yang melakukan penelitian kuantitatif, untuk membuat riset mereka lebih berkualitas. Pengujian instrumen hal yang tidak terelakkan dan unsur esensial sebelum melangkah ke statistik inferensial yang mencoba mendapat jawaban dari pertanyaan riset yang diajukan.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: