Rasch Model: Riset Kuantitatif

Home » Uncategorized » Buku aplikasi rasch model pada assessment pendidikan

Buku aplikasi rasch model pada assessment pendidikan

Dengan Terbitnya buku “Aplikasi Model Rasch untuk Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial” pada September 2013 lalu, banyak aktivitas yang menyertainya. Permintaan untuk mengadakan pelatihan/workshop pemodelan Rasch berturut-turut datang dari berbagai universitas negeri dan swasta yang sebagian besar di Pulau Jawa mulai awal Januari 2014. Sambutan yang menggembirakan tentunya, berbagai kegiatan ini tercatat di blog ini juga. Salah satu perkembangannya adalah kemunculan edisi revisi buku tersebut pada November 2014 untuk mengakomodasi permintaan berbagai peserta pelatihan khususnya analisis yang lebih lengkap untuk data politomi.

Saat yang sama pada beberapa workshop, peserta menanyakan tentang aplikasinya pemodelan Rasch dalam penilaian dan evaluasi pendidikan (educational assessment and evaluation) secara khusus. Berhubung hal ini hanya disinggung sedikit saja di buku yang ada, namun dan saat pelatihan dikenalkan lebih luas. Oleh karena itu, hal ini memang perlu buku baru ditulis. Kemudian kami berdua melakukan diskusi secara online tentang harus seperti apa tepatnya buku tentang penilaian pendidikan dengan memanfaatkan pemodelan rasch harus ditulis.

Cara yang baik memperkenalkannya adalah melalui konsep pengukuran yang biasa digunakan dalam rasch model. Oleh karena itu ide tentang four building blocks-nya Mark Wilson sangat tepat untuk disajikan sebagai titik tolak pemahaman bagaimana rasch model ‘bekerja’ dan memberikan konteks yang lebih tepat. Oleh karena itu ijin untuk menyadur secara bebas ide Mark Wilson, profesor educational assessment dari University of California, Berkeley, perlu diajukan via email. Jawaban persetujuan datang dengan cepat dan beliau mendukung upaya penyebarluasan konsepnya.

Naskah buku ditulis dan didiskusikan dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi di dua tempat berbeda (Kuala Lumpur dan Yogyakarta), sesuai domisili kami berdua. Proses menulis dan merapikan relatif lebih cepat dibanding buku sebelumnya, dilakukan pada Juni-Juli 2015 lalu.

Buku ini memang dirancang khusus untuk membantu guru, dosen atau mahasiswa jurusan kependidikan dalam mengaplikasikan Rasch Model dalam analisis ujian yang biasa mereka lakukan. Pendekatan ini penting, karena kemampuan analisis yg dihasilkan dengan Rasch Model bisa memberikan informasi yang lebih kaya dibandingkan dengan teori tes klasik (pendekatan skor) yang biasa dilakukan.

Peningkatan kualitas pendidikan dapat dilakukan dengan berbagai cara. Salah satu cara yang bisa banyak membantunya adalah melakukan penilaian dan evaluasi pendidikan yang sifatnya komprehensif. Untuk itu pemodelan rasch sangat efektif digunakan. Hal ini karena pemodelan racsh mengubah data skor mentah menjadi data dengan interval yang sama sehingga menghasilkan skala pengukuran yang linier, presisi dan mempunyai satuan. Pemodelan rasch dapat digunakan untuk analisis kualitas soal, mengetahui tingkat abilitas siswa dan tingkat kesulitan soal, sampai kepada deteksi miskonsepsi, adanya bias dalam soal, ataupun kemungkinan mengetahui adanya siswa-siswa yang mencontek.  Hal ini menunjukkan bahwa rasch model bisa membantu guru (ataupun dosen) untuk mengetahui kualitas pembelajaran yang dia lakukan, dimana perbaikan perlu dilakukan dan seperti apa karakteristik soal dan siswa/mahasiswa yang diajarnya. Sehingga upaya peningkatan kualitas pendidikan dapat difasilitasi dengan lebih mudah, ilmiah dan tepat.

Bila ingin mendapatkan buku, silahkan kontak via email ke: buku.rasch@gmail.com  harga buku adalah Rp 70.000 (+ ongkos kirim).

 

 

 

Pemodelan Rasch Asessment pendidikan


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: