Rasch Model: Riset Kuantitatif

Home » Uncategorized » Pelatihan Rasch Model tahun 2015 di berbagai tempat-2

Pelatihan Rasch Model tahun 2015 di berbagai tempat-2

Berhubung kegiatan pelatihan rasch model telah banyak dilakukan, perlu diiformasikan catatan kegiatan yang telah dilakukan sebagai dokumentasi yang dimunculkan di blog ini.  Berbagai kegiatan yang dilakukan ini merupakan kelanjutan dari workshop di tahun 2015

1. Sekolah Guru Indonesia, Dompet Dhuafa; Rabu-Kamis, 22-23 April 2015

Atas inisiatif Pak Asep Syafaat, maka terselenggara pelatihan yang ditujukan bagi fasilitator Sekolah Guru Indonesia yang bertempat di jalan raya Parung, Bogor. Terdapat juga dosen dan praktisi personalia yang turut menjadi peserta.

 

2. Fakultas Psikologi, Universitas Negeri Makassar, Makassar; Sabtu-Minggu, 13-14 Juni 2015

Bertepatan dengan dies natalis Fakultas Psikologi UNM, maka diadakan acara pelatihan rasch model. Peserta mayoritas adalah dosen di Makasar (UNM, Unhas, UIN, Politeknik dan STAIN Watampone), terdapat juga praktisi psikologi. Diperkenalkan pertama kali bermain peran (role-playing) untuk analisis multirater yang membuka wawasan peserta tentang hal ini.

 

3. Jurusan Psikologi, Universitas Negeri Jakarta; Selasa-Rabu, 6-7 Oktober 2015

Pelatihan yang diadakan oleh Jurusan Psikologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Jakarta ini diinisiasi oleh Bu Anna, selepas mengikuti pelatihan di Sekolah Guru Indonesia. Peserta mayoritas dosen psikologi, mahasiswa psikologi, juga mahasiswa pascasarjana dari fakultas lain. Kegiatan yang menantang dimana ide-ide pengukuran diperdebatkan yang menunjukkan kritisnya peserta. Sambutan yang meriah dari peserta dan terbukanya wawasan tentang uji multirater dengan software Facet tidak serumit yang dibayangkan.

 

4. Dosen Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta; Rabu dan Jumat, 21 & 23 Oktober 2015

Berdasar permintaan, tiga orang dosen Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatulah, Jakarta datang secara khusus ke Wisma R&D Universiti Malaya untuk melakukan pelatihan rasch model. Pelatihan mencakup berbagai aspek mulai dari desain item, pengukuran, pemodelan pengukuran dengan rasch model, analisis data dikotomi, politomi, dan rating majemuk, sampai ke analisis multi rater.

UIN Syahid

 

5. Fakultas Psikologi, Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta; Minggu, 1 November 2015.

Ini adalah pelatihan kedua di UII Yogya, tahun lalu diselenggarakan khusus untuk dosen psikologi saja; untuk tahun ini terbuka untuk umum. Terdapat 45 orang peserta yang mengikuti, dimana asal peserta tidak hanya dari Yogyakarta saja, ada yang dari Bali, Palangkaraya, Palembang dan Bandung.

 

6. Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta; Senin, 2 November 2015

Pelatihan di UAD diprakarsai oleh Pak Jumintono dan difasilitasi oleh Pak Widodo dari Lembaga Penelitian dan Pengembangan (LPP) UAD; peserta yang hadir mencapai 100 orang dosen dari berbagai fakultas dan terdapat juga dua orang dosen dari UIN Yogya. Diskusi tentang definisi pengukuran adalah topik yang hangat untuk diperdebatkan  sepanjang pelatihan, berbagai aspek tentang hal ini seolah debat yang susah dipuaskan dan memerlukan forum khusus untuk menjelaskannya.

http://lpp.uad.ac.id/workshop-rasch-model.html

UAD

 

7. Sekolah Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta; Selasa, 3 November 2015

Selesai mempresentasikan paper pada International Seminar on Science Education (ISSE-1) pada 31 Oktober 2015, pihak sekolah pascasarjana UNY jurusan pendidikan sains (Pak Senam Kardiwiyono) meminta untuk bisa berbagi tentang aplikasi rasch model pada asesment pendidikan. Format acara adalah gabungan antara memberikan kuliah dan workshop pada mahasiswa S2. Namun terdapat juga peserta dari jurusan evaluasi pendidikan maupun dari UGM hadir. Tentu menarik untuk memperkenalkan baru dalam hal asesmen pendidikan, dimana data yang sama (yaitu skor), bisa dilihat dengan cara berbeda, yaitu sebagai frekuensi dan dijadikan probabilitas, kemudian digunakan fungsi logaritma untuk menghasilkan pengukuran yang lebih teliti.

http://pps.uny.ac.id/berita/workshop-penilaian-model-rasch-wawasan-baru-seputar-penilaian-dan-pengukuran.html

UNY Pasca

 

8. Konferensi Guru dan Dosen Indonesia, Medan; Minggu, 8 November 2015

Ini undangan kedua yang diberikan oleh Pak Mula Sigiro untuk tampil di Medan. Acara kali ini adalah memberikan presentasi paper tentang Aplikasi Racsh Model pada Asesmen Pendidikan, yang merupakan bagian acara Konferensi Guru dan Dosen Nasional 2015 yang bertempat di Universitas Sumatera Utara, Medan. Peserta mayoritas adalah para guru yang juga baru tahu bagaimana mengolah data skor (jumlah jawaban benar) menjadi informasi yang lebih tepat untuk pengambilan keputusannya.

bila memerlukan, silahkan unduh paper-nya di website ini: https://www.researchgate.net/publication/285927994_Pemodelan_Rasch_pada_Asesmen_Pendidikan_suatu_pengantar

 

 

9. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta; Sabtu, 14 November 2015

Menindaklanjuti pelatihan yang diadakan di Universiti Malaya bulan sebelumnya, Bu Nurul Azkiyah secara khusus mengundang untuk memberikan workshop pada dosen-dosen Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syahid. Acara bertempat di kompleks Universitas Terbuka di Pondok Cabe, dan materi yang disampaikan khusus tentang aplikasi racsh model pada asesmen pendidikan. Terdapat juga lima orang guru yang berasal dari Bogor dan Tangerang turut hadir dalam pelatihan yang merupakan sesama alumni D3 pendidikan di IPB sekitar 25 tahun lalu.

UIN FITK

 

10. Jurusan Akuntansi, Fakultas Bisnis dan Ekonomi, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung; Senin, 16 November 2015.

Dengan koordinasi Bu Meta Arief, ketua jurusan Akuntansi di Fakultas Bisnis dan Ekonomi UPI, maka terselenggara pelatihan rasch model yang khusus untuk dosen-dosen di juruan Akuntansi. Para dosen yang mengikuti langsung bisa menyadari kegunaan rasch model dalam analisis hasil ujian dan juga aplikasinya dalam riset-riset pendidikan.

Jur Akuntansi_UPI

 

11. Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri, Sultan Syarif Kasim, Pekanbaru, Riau; Selasa-Rabu, 24-25 November 2015

Atas inisiatif dari Pak Raihani, wakil dekan 1 fakultas Psikologi UIN Suska, Pekanbaru, maka rasch model dipilih sebagai pelatihan metoda riset untuk riset indigenous psikologi. Peserta mencapai 50 orang yang terdiri dari dosen dan mahasiswa psikologi.

12. Dosen-dosen dari Lembaga Penjaminan Mutu UIN Syarif Hidayatullah Jakarta; Rabu-Kamis, 23 & 24 Desember 2015

Lima orang dosen yang berasal dari Pusat Audit dan Pengendalian Mutu, Lembaga Penjaminan Mutu UIN Syahid Jakarta datang secara khusus ke Imnstitute of Educational Leadership, Universiti Malaya untuk melakukan pelatihan rasch model dan praktek penggunaanya serta pelaporan. Pelatihan mencakup berbagai aspek mulai dari desain item, pengukuran, pemodelan pengukuran dengan rasch model, analisis data dikotomi, politomi, dan rating majemuk, sampai ke analisis multi rater.

IMG_20151223_180815[1]

 


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: