Rasch Model: Riset Kuantitatif

Home » Penelitian » Disain Aitem (the items design)

Disain Aitem (the items design)

Setelah kita mempunyai peta konstrak yang dapat menjelaskan tentang gambaran secara visual tentang kontinum suatu konstrak yang diukur, maka tahapan selanjutnya adalah merancang aitem (items design). Bagaimana merangsang tanggapan dari sesuatu yang sifatnya tidak terlihat secara langsung (intangible)  menjadi suatu hasil pengamatan yang mengukur sesuatu yang hendak diukur, adalah tantangan peneliti untuk melakukannya.  Pengertian ‘hasil pengamatan’ bukan lah sesuatu yang harus bisa diamati/observasi secara langsung dan dicatat, namun suatu bentuk interaksi pengamatan yang dihasilkan dari aitem. Dengan kata lain terdapat suatu prosedur atau disain yang harus dilakukan yang bisa menghasilkan pengamatan dari suatu kondisi standar yang menunjukkan keberadaannya dalam kontinum yang diinginkan pada peta konstrak.

Yang dimaksud dengan aitem secara sederhana adalah satu bentuk ide yang akan mengungkap suatu karakteristik tertentu dari seorang responden. Aitem pada dasarnya tidak harus selalu dalam betuk formal, namun dalam bentuk yang biasa atau mungkin remeh-temeh, seperti satu komentar dalam suatu percakapan yang bisa menunjukkan sikap/pandangan/opini seseorang pada satu masalah; bisa juga bentuk lain misalnya seorang mahasiswa yang menjelaskan apa yang dia pahami tentang suatu hal, suatu pertanyaan yang meminta penjelasan, suatu gambar yang menunjukkan sesuatu keadaan tertentu, satu artikel di blog dan lainnya. Dengan kata lain, cara apapun yang digunakan untuk mendapatkan tanggapan yang informatif dari responden sangat lah penting untuk mendapat hasil pengukuran yang diinginkan. Pada umumnya, konstrak yang ada tidak begitu jelas diketahui, sampai berbagai aitem dikembangkan dari konstrak itu dan di-uji-coba-kan pada responden. Selalunya konteks yang berbeda (beda tempat, lokasi, budaya, waktu dll) membuka kesempatan melakukan adaptasi aitem-aitem yang ada untuk memperbaiki dan mengembangkannya.

Pada dasarnya, bentuk yang umum dari aitem yang digunakan adalah format pertanyaan terbuka (open-ended item format). Hal ini banyak digunakan dalam berbagai kegiatan sehari-hari (di kelas, kantor, pasar dll). Format aitem tersebut dapat disampaikan secara lisan ataupun tertulis; jawaban yang diberikan pun bisa dalam berbagai bentuk, baik tertulis, penjelasan lisan, menunjukkan suatu produk ataupun menampilkan satu hasil kinerja tertentu. Panjangnya jawaban yang diberikan pun bisa beragam, bisa satu kata, suatu angka, jawaban yang panjang dan lengkap serta tertulis, wawancara lisan, tampilan suatu karya tertentu maupun produk kreatif yang rumit. Aitem yang diajukan tersebut bisa dibuat berasal secara cepat oleh seseorang, ataupun jenis soal yang didasarkan pada proses pengembangan yang ekstensif melalui pengujian berulang kali. Yang paling umum dari bentuk soal ini adalah format pertanyaan singkat, soal cerita (essay), diminta menunjukkan demonstrasi secara singkat atau menampilkan produk tertentu

Bantuk lain dari aitem yang paling banyak digunakan di berbagai kehidupan dunia modern adalah format aitem dengan pertanyaan tertutup yaitu dengan pilihan jawaban yang sudah disediakan (fixed-response format). Kenyataannya bentuk aitem seperti ini adalah memperkecil pilihan jawaban yang mungkin didapatkan bila diberikan dalam pertanyaan terbuka. Bentuk yang paling populer dalam dunia pendidikan adalah soal pilihan ganda (multiple choices) dimana hampir dipastikan semua orang yang pernah bersekolah pernah mengerjakannya. Soal pilihan ganda menjadi pilihan utama dalam berbagai bentuk tes standar yang bersifat masal dan sumatif seperti Ujian Akhir Nasional ataupun Tes Potensi Akademik, yang menunjukkan hal ini mempunyai peran yang sangat penting dalam menentukan kesuksesan akademis seseorang. Dalam bentuk yang lain, kuesioner yang menanyakan sikap/opini dipergunakan dalam berbagai disiplin ilmu sosial juga lebih banyak menggunakan bentuk tertutup ini, seperti skala peringkat Likert (Likert rating scale), dimana pilihan jawaban yang disediakan mulai dari sangat tidak setuju menuju sangat setuju; maupun berbagai variasi lainnya seperti pilihan jawaban: tidak pernah, kadang-kadang, selalu.

Dari penjelasan kedua bentuk aitem ini bisa disimpulkan bahwa format awal selalunya adalah pertanyaan terbuka (open-ended item format), sedangkan format jawaban tertutup (fixed-response format) tidak lain adalah bentuk khusus dari bentuk pertanyaan terbuka

Hubungan antara aitem dan konstruk adalah satu hal yang penting. Biasanya satu aitem yang bagus, kadang dianggap bisa mewakili keseluruhan konstrak dan mengungkap apa yang ingin diukur. Kesalahpahaman seperti ini wajar didapati bagi pemula, khususnya ketika tidak begitu tahu seberapa baik tahapan validitas dan reliabilitas dari instrumen yang dipergunakan. Oleh karena itu mempunyai banyak aitem lebih bagus dibandingkan sedikit aitem, hal ini karena: a) instrumen dapat memberikan gambaran yang lebih lengkap tentang konstruk yang diukur; serta     b) ini akan memberikan nilai informasi bagaimana kualitas responden terhadap konstrak yang diukur, yang nantinya akan memberikan ketepatan pengukuran. Tentu saja kedua hal ini harus disesuaikan dengan tujuan penilaian pendidikan dan ujian yang diberikan, baik dalam konteks materi pelajaran yang diberikan, waktu yang tersedia serta bentuk ujian yang dipergunakan. Dengan kata lain penilaian mendapat kualitas informasi yang baik yang diinginkan dari sesuatu yang diukur tersebut.

Pada saat aitem dirancang maka terdapat dua komponen utama yang harus diperhatikan yaitu komponen konstrak dan komponen deskriptif. Pertama, yang dimaksud dengan komponen konstrak adalah bahwa aitem harus memberikan indikasi jawaban bila hal itu digunakan, dari tahapan rendah ke yang tinggi misalnya. Setiap aitem dirancang untuk menghasilkan jawaban yang menunjukkan rentang kualitatif tertentu, paling tidak dua alternatif jawaban (kalau tidak maka aitem tersebut memang tidak berguna). Contohnya, satu aitem digunakan untuk mengetahui dua rentang pilihan jawaban: Ya dan Tidak; atau Betul dan Salah; ataupun Dikerjakan dan Tidak Dikerjakan. Artinya pola respon yang didapat bentuknya adalah dikotomi. Saat yang sama satu aitem bisa mempunyai pilihan jawaban lebih dari dua, misalnya aitem pertanyaan yang berkategori pemahaman dalam taksonomi Bloom, kemungkinan jawaban yang didapat adalah: tidak bisa menjelaskan, bisa menjelaskan, menjelaskan serta menghubungkan. Contoh terakhir ini menghasilkan data jenis trikotomi. Dalam aitem yang menanyakan sikap atau opini seperti skala peringkat Likert, hal yang umum didapati pilihan jawabannya adalah politomi, misalnya dari sangat setuju, setuju, tidak setuju dan sangat tidak setuju. Artinya komponen konstrak dari aitem disesuaikan dengan konseptualisasi dalam peta konstrak, dimana komponen aitem akan memberikan gambaran keberadaan posisi dari seseorang dari pilihan jawaban yang dia berikan.

Yang kedua, komponen deskriptif dari aitem adalah komponen yang menjelaskan beberapa aitem pada aspek tertentu. Bila komponen konstrak menjelaskan pilihan jawaban dan interpretasinya, maka pada komponen deskriptif adalah pengelompokkan aitem sesuai dengan rancangan pada instrumen yang dibuat. Misalnya, satu instrumen yang dirancang khusus hanya untuk mengetahui sikap siswa terhadap pelajaran matematika, dan bukannya untuk mengetahui kemampuan aritmatika siswa (ujian matematika). Selalu tergantung kepada perancang instrumen untuk memilih untuk tujuan apa hal tersebut akan digunakan, dan komponen deskriptif apa saja yang harus ada di dalamnya. Dengan kata lain kelompok aitem kemudian ditambahkan sesuai dengan komponen deskriptif yang telah dirancang sebelumnya.

Ketika aitem-aitem disusun menjadi suatu instrumen, terdapat beberapa pilihan yang harus dipertimbangkan. Suatu hal yang harus diperhatikan dalam merancang instrumen adalah kesamaan format yang dipergunakan. Satu instrumen ujian di satu mata pelaharan misalnya bisa terdiri dari satu jenis aitem saja yang dipergunakan, misalnya soal-soal pilihan ganda saja ataupun hanya soal cerita (essay) saja yang diberikan, pilihan ini tentu harus didukung alasan yang tepat. Saat yang lain, gabungan bentuk aitem pun dimungkinkan, misalnya campuran antara  soal pilihan ganda dan essay, misalnya dengan maksud untuk mengetahui secara lebih lengkap kemampuan pelajar dalam menjawab soal (pada aitem bentuk pilihan ganda) saat yang sama juga kemampuan dia menjelaskan pemecahan masalah (pada aitem bentuk essay).

Dalam instrumen yang berbentuk menanyakan skala sikap atau opini, disain instrumen yang baik akan membantu menghasilkan data yang konsisten. Yang harus diperhatikan adalah, pertama, pilihan jawaban yang diberikan harus jelas memang menanyakan opini tertentu, dan bukannya yang lain; misalnya bila pilihan ada lima pilihan dari Sangat Tidak Setuju sampai Sangat Setuju, maka gunakan singkatan STS sampai SS, bukannya memberikan angka 1 sampai 5, juga memberikan angka memberikan insentif berbeda. Kedua, aitem-aitem yang diberikan selayaknya diberikan secara acak untuk tingkat satu variabel tertentu, memberikan daftar aitem pernyataan yang terstruktur tidak lain menggiring responden untuk menjawab sesuai keinginan pembuatnya, dengan memberikan secara acak maka ini akan lebih menantang responden dan menguji konsistensinya, bila ada masalah dalam data entry, jangan lupa untuk memberikan rancangan yang jelas aitem mana bergabung ke konstrak/dimensi yang mana. Ketiga, sisipkan pernyataan yang negatif/unfavorable, hal ini akan memnbuat responden untuk lebih waspada dalam hal mengerjakan kuesioner dan tidak asal saja, banyaknya aitem yang negatif tergantung keperluan, satu aitem negatif dari lima pernyataan positif sudah memberikan variasi yang cukup bagus.

 


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: