Rasch Model: Riset Kuantitatif

Home » Facets » Buku Rasch Model edisi revisi

Buku Rasch Model edisi revisi

Pada awal Agustus 2014 lalu, pihak penerbit memberi tahu bahwa stok buku Model Rasch yang dicetak sebanyak seribu eksemplar pada tahun lalu semakin menipis. Mereka menawarkan apakah akan cetak ulang atau menerbitkan edisi revisi. Secara langsung kami berdua sebagai penulis buku menyatakan untuk menyiapkan edisi revisi.

 

Apa yang ditawarkan dalam edisi revisi ini berdasar masukan yang diterima oleh kedua penulis. Saran yang bersumber saat melakukan pelatihan model rasch di berbagai perguruan tinggi dan juga korespondensi melalui email, maka konstruksi di Bab 3 mengalami banyak perubahan secara total.  Banyak pembaca buku menanyakan prosedur rinci untuk analisis instrumen dengan data politomi, khususnya yang menggunakan jenis data peringkat Likert, sehingga perubahan dilakukan untuk mengakomodasi hal ini. Banyak dosen dan mahasiswa pasca-sarjana yang memang menggunakan kuesioner dengan teknik pengukuran peringkat Likert dalam risetnya, sehingga contoh bagaimana memasukkan data dan analisis serta interpretasinya hal yang penting untuk ditampilkan dan dibahas secara lengkap.

rasch edisi revisi

Isi dan struktur dalam Bab 3 di edisi revisi ini menjelaskan data politomi, mulai dari uji aitem dan person, termasuk juga  variabel maps dan skalogram , seperti di bawah ini:

item fit order_Tanda           peta item-person         skalogram

Selain itu ditambahkan cara dan penjelasan mengenai uji dimensionalitas, uji skala peringkat dan DIF (keberfungsian item funsional).

item dimensionality        rating scale       DIF kedua_tabel

Pada saat memberikan pelatihan model rasch, di beberapa kampus juga diminta untuk bisa menjelaskan model analisis antar-penilai (multi-rater). Hanya dengan model rasch lah,  pengujian multi-rater bisa dilakukan; dimana pemanfaatan bisa beragam mulai dari pengujian pada hasil penjurian pertandingan olahraga, penilaian karangan dalam pelajaran bahasa maupun penilaian presentasi skripsi misalnya, yang dasarnya adalah penilaian majemuk. Pada Bab 3 juga dijelaskan penggunaan software multi-faceted rasch measurement ini dan contoh kasus-nya sehingga pembaca bisa mencoba dan mengaplikasikannya secara lengkap.

Hal yang menggembirakan bagi kami berdua adalah saat mendapati bahwa di beberapa kampus penggunaan model rasch untuk pengujian instrumen riset sudah banyak dipakai. Semoga di masa mendatang ini bisa berkembang menjadi seminar/konferensi ilmiah yang menjadi forum berbagi bagaimana model rasch dipergunakan oleh akademisi kita.

20141123_102426


4 Comments

  1. test says:

    Mohon info bagaimana mendapatkan buku ini, terima kasih

  2. ahmad says:

    Salam. Bagaimana mendapatkan buku ini jika di Malaysia?. Ada dealer. Terima kasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: