Rasch Model: Riset Kuantitatif

Home » Rasch Model » Tulisan di Blog berkembang jadi buku teks: “Aplikasi Model Rasch untuk Penelitian Ilmu-ilmu Sosial”

Tulisan di Blog berkembang jadi buku teks: “Aplikasi Model Rasch untuk Penelitian Ilmu-ilmu Sosial”

Mengembangkan blog menjadi buku sudah menjadi tren yang banyak terjadi, tidak terkecuali dengan blog Rasch Model ini juga. Semenjak memunculkan hal ini ke publik dan melihat lumayannya jumlah pengkases, maka target berikutnya adalah menjadikan hal ini menjadi buku teks tentang Rasch Model yang pertama dalam bahasa Indonesia. Yang dirasa perlu adalah mendapatkan partner penulis yang memang piawai dalam Item Respon Theory dan Rasch Model ini, dan untuk hal itu tidak perlu mencari-cari lagi.

Dua bulan sebelumnya (Juni 2013) saya diajak untuk ikut bergabung dalam diskusi di group Facebook yaitu di grup Diskusi Metode Penelitian Psikologi oleh mas Wahyu Widhiarso. Dengan beliau juga lah terjadi diskusi intens baik melalui group maupun via chating tentang Item Respon Theory dan Rasch Model; baik dalam aspek teoritis maupun aplikasinya dalam penelitian dengan menggunakan software. Dan mas Wahyu inilah yang saya ajak untuk menyiapkan tulisan ala kadarnya dalam blog ini menjadi buku teks.

Maka mulai awal bulan Agustus 2013, dipisahkan oleh jarak yang cukup jauh, yang satu di Johor Bahru, Malaysia, dan yang lainnya di Jena, Jerman; tulisan awal di blog ini dikembangkan untuk bisa layak menjadi buku teks. Kedua penulis tidak pernah bertemu secara fisik sebelumnya, dan hanya mengandalkan komunikasi elektronik dengan email dan chating via facebook. Diskusi mulai dari struktur buku, gaya penulisan dan pembahasan sampai pada perlunya memberikan contoh kongkrit tentang penggunaan software yang menerapkan Rasch Model. Yang juga menjadi fokus utama adalah menginginkan makin dikenalnya pemodelan pengukuran Rasch (Rasch measurement model) untuk kalangan peneliti ilmu-ilmu sosial di Indonesia (psikologi, pendidikan, sosiologi, ilmu politik, komunikasi, pemasaran dll). Selama kurang lebih sebulan lamanya, saling berbalas-email untuk pengembangan tulisan terus dilakukan. Yang terjadi bukan sekedar saling mengkoreksi, namun terus menambah konten tulisan supaya lebih lengkap dan mudah dipahami sebagai buku teks yang bakal jadi rujukan dalam Rasch Model di Indonesia.

Akhirnya disepakati bahwa buku terdiri dari tiga bagian saja. Bagian pertama membahas riset kuantitatif yang menjelaskan jenis riset dalam ilmu sosial yang melibatkan data dalam bentuk angka; aspek yang perlu dijelaskan dengan lengkap adalah jenis-jenis variabel dan data karena salah pemahaman tentang hal ini akan membawa konsekwensi yang serius, mulai dari ketidaktepatan model analisis sampai hasil riset yang akan disangsikan. Diskusi di buku dilanjutkan tentang teknik pengukuran, desain instrumen, juga hal yang wajib dibahas dalam riset yaitu reliabilitas dan validitas.

Bagian kedua buku membahas tentang pemodelan Rasch. Untuk membuatnya mudah dipahami maka bab kedua ini dimulai tentang teori tes klasik (classical test theory) serta pembahasan mengenai keterbatasannya. Baru setelah itu menjelaskan tentang prinsip pemodelan Rasch atau IRT secara detail serta menyertakan argumen bagaimana hal ini lebih bagus dalam mengolah data dibandingkan dengan teori tes klasik. Pembentukan mistar logit rasch hal yang esensial dijelaskan karena disinilah titik tolak mengukur dilakukan, sesuatu yang fundamental dalam instrumentasi apapun. Skalogram memberikan ilustrati yang lengkap dan tepat bagaimana Rasch Model ‘bekerja’ yang berdasarkan pada item difficulty dan person ability; kemudian deskripsi tentang pemodelan Rasch serta aplikasinya.

Bagian akhir adalah penjelasan tentang penggunaan software yang menggunakan analisis pemodelan rasch yaitu Ministep (versi terbatas dari Winsteps). Dijelaskan mulai dari bagaimana data entry dilakukan melalui perangkat lunak worksheet yang umum digunakan yaitu Microsoft Excel; penyiapan data untuk dimasukkan ke dalam program Ministep; spesifikasi data ditetapkan dalam Ministep, serta tentu analisis pemodelan Rasch yang dilakukan. Pilihan menggunakan Ministep (atau Winsteps), karena fasilitas model rasch yang digunakan cukup lengkap mulai dari pengolahan data dikotomi (benar-salah), data politomi (peringkat Likert), sampai ke partial credit. Navigasi menu dalam Ministep juga cukup lengkap baik untuk analisis person ataupun item, baik dalam bentuk angka maupun bila ingin ditampilkan dalam bentuk grafik.

Final buram tulisan kemudian dikirimkan ke penerbit yaitu Trim Komunikata Publishing House di Cimahi, Bandung.  Pihak penerbit hanya perlu waktu selama dua minggu untuk melakukan desain, lay out buku, serta editing isinya. Cover buku juga dilakukan secara bersamaan. Pada minggu ketiga bulan September 2013 buku malah sudah selesai dicetak. Penampakan buku seperti di bawah ini:

Image

Data fisik buku: 140 halaman; ukuran B5; Kertas HVS 80 gram

harga buku: Rp 60.000  untuk pemesanan buku “Aplikasi Model Rasch” ini, silahkan hubungi Pak Boni di email: trim_komunikata@yahoo.com atau melalui telpon: 022-6641607.

Pada bulan Januari 2014, akhirnya kedua penulis bisa bertemu secara fisik di Yogyakarta.

20140105_143911

 


3 Comments

  1. ZOHRI amsyah says:

    Alhamdullilah🙂

  2. […] yang didapat serta kualitas temuannya, alias ngak bunyi. Saat yang sama juga tentu adalah promosi buku Rasch Model, yang merupakan buku teks pertama dan satu-satunya tentang hal itu dalam Bahasa Indonesia, artinya […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: